Dua Kurir Yang Terlibat Ganja 2 Kg Di kota Malang Terancam Mendekam 20 Tahun Penjara

Kasatresnarkoba Polres Malang, AKP Aditya Permana mengucapkan, dua kurir narkoba macam ganja yang diringkus, berinisial BFJ (23) warga Kota Batu dan ASP (24) warga Kabupaten Malang, Jawa Timur, diancam sanksi penjara maksimal 20 tahun.

Kedua tersangka dijerat pasal Pasal 114 ayat (2) dan atau Pasal 111 ayat (1) dan (2) Juncto Pasal 132 ayat (1) UU Nomor 35 Tahun 2009 perihal Narkotika.

“Keduanya diancam dengan sanksi pidana penjara maksimal 20 tahun dan denda paling banyak Rp5 miliar,” kata Aditya, Selasa (4/6/2024).

Aditya membeberkan, penangkapan https://unkind.info/ dua orang tersangka kurir ganja tersebut berawal pada ketika Satresnarkoba Polres Malang menjalankan pengembangan pada kasus yang tengah ditangani beberapa waktu sebelumnya.

Menurut hasil pengembangan tersebut, lanjutnya, dikenal terdapat pengiriman dua paket ganja seberat kurang lebih dua kilogram ke sebuah rumah kos yang berada di Desa Oro-Oro Ombo, Kecamatan Batu, Kota Batu.

Menurutnya, dua tersangka yang dicokok Satresnarkoba Polres Malang pada 20 Mei 2024 di kawasan Kota Batu tersebut, selama menjalankan aksi sebagai kurir ganja diatur oleh narapidana yang berada di dalam lembaga pemasyarakatan bernama Unyil alias Ucil.

Narapidana yang berada di dalam lapas itu, lanjutnya, ialah otak atau operator dari aksi peredaran narkoba yang dikerjakan oleh kedua tersangka. Narapidana itu, memberi perintah terhadap BFJ dan ASP untuk mengirimkan paket ganja ke lokasi yang telah ditentukan.

“Jadi narapidana itu memerintahkan dua orang tersangka untuk menjalankan kesibukan peredaran gelap narkotika,” ujarnya.

Imbalan Rp 500 Ribu
Menurut pengakuan tersangka BFJ dan ASP, keduanya menerima imbalan sebesar Rp500 ribu untuk tiap pengiriman narkotika tersebut. Pengiriman narkotika macam ganja itu, dikerjakan tersangka dengan menggunakan cara ranjau.

Hasil yang didapat oleh kedua tersangka, kemudian dibagi dengan masing-masing menerima uang sebesar Rp250 ribu. Kedua tersangka mengaku baru menjalankan pengiriman narkoba macam ganja dengan cara ranjau tersebut sebanyak dua kali.

Tentang Penulis

admin7