Golkar Tak Anggap Anies Baswedan Pesaing Ridwan Kamil di Pilkada Jakarta

Sekretaris Jenderal Partai Golkar Lodewijk F Paulus mengukur, Anies Baswedan bukan menjadi penghalang Ridwan Kamil untuk maju di pemilihan gubernur Jakarta di Pilkada 2024.

Ia mengaku tak masalah kalau nantinya Anies maju untuk jangka waktu kedua di Pilkada Jakarta. Ia memandang wajar itu terjadi dalam politik.

“Dalam politik kan itu pertarungan bebas. Saya pikir enggak ada masalah Pak Anies maju, ya namanya juga pertarungan ya. Dalam politik itu umum,” kata Lodewijk di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (4/6/2024).

Malahan Ridwan Kamil disebut tak hanya slot777 siap berhadapan melawan Anies di Pikada Jakarta. Lodewijk mengklaim mantan gubernur Jawa Barat itu siap untuk mengungguli Anies yang notabene merupakan mantan gubernur Jakarta

“Ya bukan siap melawan, siap mengungguli,” tegas Lodewijk.

Tapi, Partai Golkar belum menetapkan mengusung Ridwan Kamil untuk Jakarta atau tak, kendati Partai Gerindra sudah memberikan saran terhadap Waketum Partai Golkar itu ikut maju mencalonkan gubernur di Jakarta.

Golkar masih menimbang-nimbang, apakah Ridwan Kamil akan maju untuk jangka waktu kedua di Jabar atau ke Jakarta. Mengingat, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto memberikan dua surat tugas untuk pria yang disapa Kang Emil, merupakan di Jakarta dan Jabar.

“Ya tentunya kita lihat, namanya juga tahap politik di lapangan kan ada yang menginginkan di Jabar, ada juga yang di DKI,” ujar Lodewijk.

Golkar berkeinginan memandang lebih jauh hasil survei elektabilitas Emil, bagus di Jabar ataupun di Jakarta. Berdasarkan Lodewijk, sebagai petahana Emil tentu mempunyai kemungkinan dan survei cukup bagus untuk di Jabar.

“Kemudian bagaimana beliau di Jakarta, nah spanduknya kan, balihonya ada. Masih OTW. Jadi kita lihat aja nanti, sebab Golkar kita sudah evaluasi untuk survei pertama. Kita akan lanjut pada survei kedua,” imbuh Lodewijk.

Ridwan Kamil Soal Maju Pilkada Jabar atau Jakarta: Tunggu Juli
Politisi Golkar Ridwan Kamil mengaku sudah mengantongi surat penugasan untuk maju dalam Pilkada 2024. Tapi dia belum bisa menetapkan apakah maju dalam Pilkada Jabar atau Jakarta.

Menurutnya hal tersebut masih dibahas di DPP Partai Golkar dan diputuskan secepatnya. “Masih pertimbangan, tunggu Juli sajalah,” kata Ridwan Kamil saat ditemui awak media di Bandar Udara I Gusti Ngurah Rai Bali, Jumat 31 Mei 2024.

Sekiranya inilah yang membuat dirinya belum memasang alat peraga kampanye berupa baliho di jalan. Menurutnya, kalau mempunyai gelagat untuk mencalonkan diri sebagai gubernur DKI Jakarta, spanduk untuk memilih dirinya sudah bertebaran di jalan.

“Tempat saya sudah naga-naganya Jakarta ‘kan mungkin ada spanduklah, apalah, deklarasilah, tapi ‘kan belum,” ujarnya dikutip dari Antara.

Sebelumnya, Kamis (23/11/2023), mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyatakan dirinya memperoleh dua surat penugasan dari DPP Partai Golkar untuk maju pada Pemilihan Kepala Saya 2024.

“Saya itu menerima dua surat penugasan, satu di Jabar, dua di DKI Jakarta. Jadi, suratnya dua,” kata Ridwan Kamil saat menghadiri Rakerda Asosiasi Pemerintah Desa Indonesia (Apdesi) Jabar di Bandung, Kamis.

Tentang Penulis

admin7