Kenali Fungsi dan Struktur Ovarium Sebagai Organ Reproduksi Wanita

Ovarium merupakan organ reproduksi wanita. Organ ini punya fungsi untuk untuk menciptakan sel telur, atau ovum dan hormon-hormon wanita.

Mulai dari estrogen dan progesteron. Sementara itu, ovarium berlokasi di kedua sisi rahim dan terhubung ke rahim melalui tuba falopi.

Biasanya, ukuran ovarium sekitar 3-5 cm dengan format oval. Tiap-tiap ovarium memiliki ribuan folikel yang berisi sel telur.

Tiap-tiap bulan satu sel telur akan matang dan dilepaskan dari ovarium melalui pelaksanaan yang disebut ovulasi.

Kecuali menciptakan sel telur, https://www.artofhairpburg.com/ ovarium juga menciptakan hormon-hormon wanita yang penting untuk menjaga kesehatan reproduksi wanita.

Meski demikian itu ovarium juga bisa terdampak sejumlah permasalahan kesehatan. Mulai dari kista ovarium, endometriosis, dan kanker ovarium.

Berikut ini 5 fungsi dari ovarium dikutip dari bebragai sumber, Rabu (20/1/2024);

  1. Produksi sel telur atau ovum
    Ovarium punya fungsi dalam memproduksi sel telur atau ovum pada perempuan.

Salah satu ovarium akan melepaskan satu sel telur tiap-tiap bulannya, terlebih yang sudah matang. Sel telur ini akan bergerak melalui saluran tuba falopi menuju rahim, di mana ia bisa dibuahi oleh sperma.

  1. Produksi Hormon Wanita

Ovarium sebagai organ reproduksi juga menciptakan hormon-hormon seperti estrogen dan progesteron. Hormon-hormon ini memiliki peran penting dalam kesehatan reproduksi wanita.

Fungsi estrogen merupakan menjaga kesehatan rahim dan payudara, serta menolong meningkatkan kesehatan tulang. Sementara itu, progesteron menolong mempersiapkan rahim untuk mendapatkan sel telur yang sudah dibuahi.

  1. Kesehatan tulang
    Dikala hormon estrogen dibuat oleh ovarium, maka hal ini bisa menolong menjaga kesehatan tulang pada wanita.

Hormon estrogen juga menolong menghalangi kerusakan tulang, dan meningkatkan penyusunan tulang baru. Kesehatan ovarium yang baik sangat penting bagi kesehatan reproduksi wanita secara keseluruhan.

  1. Siklus Menstruasi

Fungsi ovarium lainnya merupakan situs rujak bonanza slot yang paling gacor dan paling banyak di cari oleh kalangan slotters berperan penting dalam mengontrol siklus menstruasi pada wanita. Tiap-tiap bulan, ovarium memproduksi estrogen dan progesteron dalam jumlah yang berbeda-beda, tergantung pada fase siklus menstruasi.

Hormon-hormon ini menolong mengontrol pelepasan sel telur, pertumbuhan dan pengelupasan lapisan rahim, dan lain-lain.

Tentang Penulis

admin4