Menurut Survey, Ganjar, Prabowo, dan Anies Bersaing Ketat

Elektabilitas dari Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, dan mantan Gubernur DKI Jakarta Anie Baswedan menurut Survei Indo Barometer mereka saling bersaing ketat di dalam simulasi calon presiden di Pilpres 2024.

M. Qodari yang merupakan sbobet mobile direktur Eksekutif Indo Barometer menyebutkan bahwa elektabilitas Ganjar berada pada posisi pertama dengan 30,3 persen. Kemudian Prabowo dengan 28,4 persen, dan Anies dengan 25,3 persen. Hal ini disampaikan Qodari di kawasan Hotel Harris, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (21/3/2023).  

“Kalau Berdasarkan elektabilitas. Maka tiga nama ini bersaing ketat,” kata Qodari.

Selain itu Qidari menyebutkan bahwa pihaknya juga tengah membuat simulasi dari lima nama capres dengan pertanyaan tertutup. Nama Ganjar Pranowo sendiri tetap berada pada posisi puncak dengan 29,4 persen. Sementara Prabowo berada pada posisi kedua dengan perolehan 27,5 persen; Anies Baswedan 23,9 persen; Puan Maharani 1,4 persen; dan Airlangga Hartarto 0,3 persen.

Saat ditanya mengenai siapa capres yang akan menang pada Pilpres 2024 menatang, Qodari tidak bisa menjawab. Menurutnya, kini konsentelasi capres masih belum final.

“Pertarungan akan sengit dan seimbang jika yang maju adalah tiga nama dengan elektabilitas tertinggi seperti pola yang terjadi selama ini,” ujarnya.

Survei Indo Barometer sendiri dilakukan pada periode 12-24 Februari 2023 dan digelar pada 33 provinsi dan melibatkan 1.230 responden. Survei ini juga memiliki tingkat kepercayaan sebesar 95 persen dengan margin of error kurang lebih 2,9 persen.

Hasil dari Survei Indo Barometer ini berbeda dengan hasil dari survey yang tengah dilakukan oleh lembaga Media Survey Nasional pada 22-26 Februari 2023 lalu.

Pada hasil survey Median tercatat elektabilitas dari Prabowo ada di posisi pertama di mana ia menjadi calon presiden. Posisinya unggul tipis dari Ganjar dan Anies yang berada pada posisi kedua dan ketiga.

Elektabilitas Prabowo berada di angka 20,05 persen. Sementara itu Ganjar di peringkat dua dengan 18,9 persen dan Anies dengan 17,9 persen.

Pada posisi keempat terdapat Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dengan perolehan 9,0 persen dan lima Ketum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dengan 3,5 persen.

Tentang Penulis

admin