Mitos Atau Tidak Ayam Cemani Yang Acap Dihubungkan Dengan Ritual Manusia Gaib

Ayam cemani adalah ras ayam lokal yang sering kali dikaitkan dengan ilmu hitam. Darah ayam cemani dipercaya sakral, sehingga sering kali diterapkan dalam praktik ilmu hitam.

Secara tampilan, ayam cemani mempunyai warna hitam di seluruh komponen tubuhnya, termasuk bulu, paruh, dan organ dalam. Ayam yang sudah dikembangkan di Pulau Jawa semenjak abad ke-12 ini awalmya memang berfungsi sebagai binatang ritual, sehingga tak dimuliakan sebagai pedaging atau petelur.

Mengutip dari beraneka sumber, berikut mitos-mitos perihal ayam cemani:

  1. Ayam khusus keluarga kerajaan
    Selain dianggap sakral dan keramat, ayam cemani juga dilihat sebagai ayam khusus keluarga kerajaan. Pada zaman dahulu, ayam bonus new member 100 cemani cuma boleh dipelihara oleh orang bangsawan saja. Biasanya, ayam ini diperlihara sebagai penangkis dan pagar gaib.
  2. Media santet
    Kental akan ritual gaib, ayam cemani konon juga erat hubungannya dengan santet. Ayam ini sering kali dikirim sebagai media atau pengantar santet kepada target yang dituju.
  3. Menolak naas
    Sedangkan dipercaya mempunyai tenaga negatif dan gelap, tapi sebagian orang percaya ayam cemani tepat sasaran menolak kesialan. Tenaga negatif pada ayam cemani konon ampuh untuk menolak kesialan.
  4. Makanan jin
    Sebab sering kali diterapkan sebagai media ritual gaib, ayam cemani bahkan dipercaya menjadi makanan favorit bangsa jin. Ketika seseorang melaksanakan ritual memanggil jin jenis tertentu, mereka sering kali meminta menu ayam cemani, kopi hitam, dan beraneka sesajen lainnya. Tidak jarang, bangsa jin juga meminta darah ayam cemani sebagai minuman.
  5. Punya tenaga gaib
    Telah bukan rahasia umum lagi bahwa ayam cemani dikena mempunyai tenaga gaib. Ciri-ciri ayam cemani bertuah ada pada matanya.

Tatapan ayam cemani sangat tajam dan konon akan memancarkan cahaya kuning kemerahan di malam hari. Beberapa orang percaya, mengkonsumsi daging ayam cemani bisa membuat eseorang mendapatkan kesaktian. Pun, bisa juga membuat seseorang mempunyai sembilan nyawa.

  1. Perisai hal gaib
    Selain menolak naas, ayam cemani juga dianggap sebagai pelindung. Hal inilah yang dijalankan member kerajaan zaman dahulu. Mereka mengaplikasikan ayam cemani sebagai penangkis untuk menghalau hal-hal gaib, seperti sihir dan santet.
  2. Obat penyakit gaib
    Selain sebagai penangkis, ayam cemani konon juga bisa menjadi obat untuk penyakit gaib. Ayam cemani dianggap bermanfaat dalam menyembuhkan penyakit non-medis yang tak bisa ditangani secara medis.
    Salah satunya diterapkan untuk mengobati seseorang yang sakit akibat diguna-guna. Sistem untuk menyembuhkannya adalah dengan mengkonsumsi daging ayam cemani.

Konon, khasiat itu juga terkait dengan mitos bahwa darah ayam cemani kebal santet. Orang yang meminum darah ayam cemani akan kebal santet, kebal guna-guna, dan kebal akan serangan gaib apa saja.

Tentang Penulis

admin7