jokowi prabowo

Pengamat: Agenda Makan Malam Pertegas Dukungan Jokowi kepada Prabowo

Momen makan malam pada Presiden Joko Widodo atau Jokowi bersama calon presiden (Capres) nomor urut 2, Prabowo Subianto menjadi sorotan publik. Agenda makan malam yang dilakukan di sebuah restoran di Jakarta Pusat terhadap Jumat 5 Januari 2024 ini berjalan jelang Pemilihan Umum (Pemilu) yang jadi dekat.

Pengamat Politik berasal dari Universitas Paramadina, Ahmad Khoirul Umam mengatakan, agenda makan malam tersebut mempertegas dukungan Jokowi terhadap Prabowo terhadap Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 sekaligus membahas tentang permainan dari rtp slot terbaru.

“Agenda makan malam yang terkesan eksklusif itu jadi mempertegas dukungan Presiden Jokowi pada Prabowo. Langkah ini senada bersama statemen sejumlah elite di TKN Prabowo-Gibran yang belakangan mengemukakan Jokowi berada di belakang mereka,” kata Khoirul Umam dalam keterangannya, Sabtu (6/1/2024).

Menurutnya, sementara seorang kepala negara perlihatkan dukungan politik secara terang-terangan, maka struktur kekuasaan dan aparatur negara bergerak dalam area psikologis keberpihakan terhadap satu pasangan calon (paslon).

“Ketika presiden perlihatkan dukungan politik yang jadi vulgar, akibatnya struktur kekuasaan dan aparatur negara bergerak dalam area psikologis keberpihakan terhadap paslon yang di dukung oleh penguasa,” ujarnya.

Sehingga, seumpama nantinya ditemukan pelanggaran-pelanggaran etik, maka bakal dianggap lumrah.

“Dalam suasana layaknya ini, pelanggaran-pelanggaran etik dan ketetapan kepemiluan cenderung dianggap sebagai perihal lumrah dan laporan-laporan tidak bakal digubris oleh lembaga pengawas,” ungkapnya.

“Di situlah esensi demokrasi yang adil dan transparan menjadi jadi layak dipertanyakan,” ucap Khoirul Umam memungkasi.

Makan Malam Prabowo dan Jokowi

Sebelumnya, Calon Presiden (Capres) nomor urut 2, Prabowo Subianto nampak makan malam berdua bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi) di sebuah restoran di tempat Jakarta Pusat, terhadap Jumat 5 Januari 2024. Prabowo berhadapan langsung bersama Jokowi.

Dalam peluang ini, Prabowo Subianto nampak mengenakan kemeja batik berwarna coklat bersama celana hitam, sementara Presiden Jokowi nampak mengenakan kemeja berwarna putih dan celana hitam yang menjadi ciri khasnya.

Dalam momen makan malam ini, Prabowo dan Jokowi nampak berdiskusi bersama memadai santai. Keduanya nampak tertawa bersama terlepas berasal dari pantauan lapangan sambil nikmati hidangan makan malam.

Banyak yang Prediksi Jokowi Dukung Prabowo

Belum diketahui, apa yang diperbincangan oleh keduanya. Namun pertemuan ini jadi menguatkan isyarat atas dukungan Presiden Jokowi terhadap salah satu kandidat pasangan Capres dan Cawapres dalam Pilpres 2024.

Sebelumnya, banyak yang memprediksi Jokowi bakal menunjang pasangan nomor 2 dalam Pilpres 2024. Terlebih tersedia putra sulungnya, yakni Gibran Rakabuming Raka yang menjadi cawapres Prabowo Subianto.

Dukungan berasal dari seorang presiden yang tengah menjabat mampu menjadi segi penting dalam konteks penentuan presiden.

Meskipun dinamika politik selamanya berubah, pertemuan pada Jokowi dan Prabowo ini memberi tambahan indikasi bahwa Pilpres 2024 bakal menjadi kontes yang menarik bersama banyak pertimbangan strategis.

Tentang Penulis

admin3