Rishi Sunak Perdana Menteri Inggris Terbaru Keturunan India

Rishi Sunak menjadi Perdana Menteri atau PM kedua yang menduduki posisi teratas pemerintahan Inggris tanpa melalui pemilihan sepanjang tahun 2022. Ia berasal dari keturunan Punjabi yang gemar mengunjungi situs slot mahjong, ia juga menyandang “gelar kehormatan” tambahan, yakni sebagai PM Inggris pertama berasal dari ras Asia-Inggris.

Sunak lahir di Southampton, kota sbobet pelabuhan bagian selatan Inggris, pada 1980. Ayahnya, Yashvir, adalah seorang dokter keluarga dan ibunya, Usha, seorang apoteker. Sebelum pindah ke Inggris, ayahnya lahir dan besar di Kenya, sementara ibunya di Tanzania. Kakek-nenek Sunak di kedua sisi berasal dari India dan telah bermigrasi ke Afrika Timur.

Bangsa India punya sejarah yang panjang dengan para pedagang Afrika di kawasan Samudera Hindia. Hubungan juga menjadi makin kuat di abad ke 19. Selama masa kerajaan Inggris, dan terutama setelah pembentukan Protektorat Afrika Timur (juga dikenal sebagai Afrika Timur Britania).

Rishi Sunak Perdana Menteri Inggris Terbaru

Pada 1885, banyak orang India yang bermograsi ke kawasan itu. Pada saat itu mereka ada di bawah kendali Inggris. Penduduk India di sana tumbuh pesat dan makmur secara ekonomi. Banyak imigran dan keturunan India yang menetap di Afrika Timur sampai sekarang.

Namun jumlahnya tak sebanyak saat pertengahan kedua abad ke 20. Di era 1960 an, wilayah itu cenderung jadi tempat yang kurang ramah untuk orang India. Ini dibuktikan dengan pengusiran minoritas India dari Uganda atas perintah Idi Amin, presiden saat itu.

Sejak saat itu, sebagian besar diaspora India pun meninggalkan Kenya dan Tanzania. Alih – alih kembali ke India, banyak dari mereka yang memilih menetap di Amerika Serikat atau AS, Kanada, dan Inggris.

Walaupun lahir dan besar di kawasan Afrika Timur, kedua orang tua Sunak masih memegang kuat akar budaya India. Ayahnya adalah penganut Hindu yang taat dan tidak makan daging sapi. Dia pernah berkata dalam sebuah wawancara pada 2015 bahwa:

“Saya mencentang opsi ‘British Indian’ dalam sensus penduduk. Memang ada kategori untuk itu. Saya merasa sepenuhnya adalah orang Inggris, ini adalah rumah dan negara saya, tapi warisan agama dan budaya saya adalah India, istri saya orang India.

Tentang Penulis

admin